Sejarah SMK Swasta Cahaya Harapan Tayan

SMKS Cahaya Harapan Tayan dinaungi oleh Yayasan Cahaya Harapan Tayan, Yayasan Cahaya Harapan   didirikan oleh Alm. Pdt. DR (HC). Martinus Cion, S.Th pada tahun 1990. Setelah berdirinya Yayasan Cahaya Harapan,   tahun 1991 Beliau mendirikan SMP Cahaya Harapan.  

Ketika pada tahun 1994  SMP Cahaya Harapan sudah meluluskan angkatan pertamanya, situasi ini  membangkitkan kembali visi Alm. Pdt. DR (HC). Martinus Cion, S.Th untuk membuka lembaga pendidikan menengah atas dan akhirnya Beliau memutuskan membuka SMEA yang saat ini bernama SMKS Cahaya Harapan Tayan. Ada 2 jurusan  yang di buka saat itu yakni Akuntansi Keuangan  dan  Pemasaran. 

Walaupun saat itu kurun waktu 1995 – 1996 izin operasional belum didapat, (sampai Pdt. DR (HC). Martinus Cion, S.Th harus menghadap  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Republik Indonesia di Jakarta), tetapi akhirnya  izin operasinal didapat dari Kanwil Departemen Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat No. 67/I.14/Kep/1996 tanggal 29 Mei 1996.

Latar belakang dipilihnya  2 jurusan di atas karena menurut Beliau di sekitar kecamatan Tayan Hilir akan banyak perusahaan yang dibuka yang membutuhkan tenaga kerja , dan saat ini kita bersyukur lulusan SMKS Cahaya Harapan Tayan dapat diterima diberbagai perusahaan, lembaga  di sekitar Kecamatan Tayan Hilir  pada umumnya, dan juga di berbagai daerah di Provinsi Kalbar bahkan di luar Kalbar.

Terlebih lagi  cukup banyak pemimpin – pemimpin daerah (desa)  di sekitar Tayan Hilir adalah lulusan SMKS Cahaya Harapan Tayan. Kebanggaan yang luar biasa bagi Yayasan dan Sekolah.

Kepemimpinan di SMKS Cahaya Harapan Tayan tahun 1995 diawali oleh  Alm. Ibu Sofia SE, karena tuntutan harus mendampingi keluarga (suami), Beliau hanya beberapa bulan  memimpin SMKS Cahaya Harapan dan dilanjutkan oleh Bapak Poheng Gew, M.Pd  sampai Agustus 1997, karena Beliau harus meneruskan pengabdian sebagai ASN maka kepemimpinan di SMKS Cahaya Harapan Tayan  dilanjutkan oleh Pdt. Atiam Lasor,  S.Th sampai Juli 2017, tetapi karena  gangguan kesehatan yang tidak terduga ,  masa transisi kepemimpinan diambil alih oleh Ketua Yayasan langsung, yaitu kurun waktu Juli 2017 – Januari 2018, sampai tanggal 18 Februari 2018 estafet diserahkan kepada GI. Susana Cion, M.Pd sampai saat ini.

Pdt. Atiam Lasor,  S.Th mantan kepala SMKS Cahaya Harapan

Dengan berjalannya waktu, saat ini SMKS Cahaya Harapan  memiliki 4 jurusan:

  1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga,
  2. Teknik Jaringan Komputer,
  3. Bisnis daring dan Pemasaran,
  4. Teknik Bisnis dan Sepeda Motor

Siswa berjumlah 680 orang dengan jumlah  22 rombel  , dewan guru 32 orang, tata usaha 3 orang, tenaga kebersihan 3 orang, tenaga keamanan 1 orang.

Untuk memperlengkapi siswa – siswi dapat bersaing di dunia kerja,  sekolah berusaha menempatkan siswa –siswi ketika mengikuti Prakerin di tempat – tempat yang akan memberikan pengalaman kerja yang berkualitas, untuk tahun 2020  antara lain:

  1. Mega Mall ( Pontianak)
  2. Keluarga Kudus (yang ditempatkan di kantor pusat dan cabang)
  3. Puskopdit Borneo (Pontianak)
  4. Klik Kanan Komputer (Pontianak)
  5. TCS Komputer (Pontinaka)
  6. Central Komputer (Pontianak)
  7. Smart Komputer (Pontianak)
  8. Experiensce (Pontianak)
  9. CMJ Komputer (Pontianak)
  10. Semarong (di Pusat dan di kantor cabang – cabang)
  11. Banuri (di pusat dan kantor cabang- cabang)
  12. Lantang Tipo (Kantorpusat dan cabang – cabang )
  13. Puskesmas Tayan (Pedalaman)
  14. Puskesmas Tayan (Pulau)
  15. Kirana Prima (Tayan Hilir)
  16. Antam TBK (Tayan Hilir)
  17. MSP Barat (Tayan Hilir)
  18. MSP Timur (Tayan Hilir)
  19. ACP (Tayan Hilir)
  20. SJAL 1 (Tayan Hilir)
  21. SJAL 2 (Tayan Hilir)
  22. Koperasi MSP (Tayan Hilir)
  23. Toko Bangunan Mega Putra (Tayan Hilir)
  24. Toko Bangunan Bintang Jaya (Ampar Tayan Hilir)
  25. Toko Tani Makmur (Tayan Hilir)
  26. Toko Fujiyama (Tayan Hilir)
  27. Toko Kasih Market (Tayan Hilir)
  28. Sumber Kasih (Pusat dan Cabang – cabang )
  29. Kantor Camat Toba
  30. Puskesmas Teraju
  31. Toko Talitakum (Toba)
  32. Toko Holiday
  33. Toko Ponsel Duta Cell (Sosok)
  34. Toko Percetakan Cermat (Sosok)
  35. Semarong (Pusat dan cabang)
  36. Toko Komputer Compusindo (Sosok)
  37. Aditia PHB (Balai Berkuak)

Tahun 2020 ini SMKS cahaya Harapan Tayan sudah menamatkan 21 angkatan dengan jumlah siswa kurang lebih  2.200 orang yang tersebar ke berbagai daerah khusus di  Kalimantan  Barat, dengan berbagai profesi yang dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat di mana mereka berada dan bagi bangsa dan negara.

Tahun ajaran 2021/2022 SMKS Cahaya Harapan Tayan  memiliki target untuk membuka beberapa jurusan lain, yakni jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut serta Tata Boga karena melihat prospek di dunia kerja jurusan ini akan banyak diminati terlebih lagi lulusannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kiranya mimpi ini dapat diwujudkan.

Harapan terbesar  SMKS Cahaya Harapan Tayan akan semakin menjadi berkat bagi banyak orang. Tuhan Yesus memberkati.